Pembelajaran Keterampilan dirancang sebagai proses komunikasi belajar untuk mengubah perilaku peserta didik menjadi cekat, cepat dan tepat. melalui pelajaran kerajinan, perilaku terampil dibutuhkan dalam keterampilan hidup manusia di masyarakat. Syaiful (2008:1) menyatakan “Keterampilan mengandung kinerja kerajinan dan istilah kerajinan berangkat dari kecakapan melaksanakan, mengolah dan menciptakan dengan dasar kinerja psychomotoric-skill. Maka, Keterampilan Kerajinan berisi kerajinan tangan membuat (creation with innovation) benda pakai dan atau fungsional berdasar asas form follow function”.
Depdiknas (2007:590) mengatakan bahwa “konstruksi adalah susunan atau tata letak”. Pendapat lain dikemukakan oleh Ari (2006:71) “bahwa konstruksi meliputi segala jenis benda pakai atau hias yang dikerjakan dengan menyusun atau membangun sehingga menghasilkan benda pakai atau hias yang mengandung kekuatan”. Hal ini dipertegas oleh Sumanto (2006:133) yang menyatakan bahwa “kontruksi/ menyusun adalah teknik membentuk dengan menggunakan bahan berupa aneka bahan alam, bahan limbah, dan sebagainya”. Contohnya bahan berbentuk balok, lembaran, barang setengah jadi, potongan-potongan bahan limbah.
Pendapat ini senada dengan pendapat Muharram (1992:130) yang mengatakan bahwa “konstruksi menggunakan proses merakit atau membangun, dimana merakit atau membangun adalah menyusun, menyambung, dan menggabungkan bagian-bagian atau komponen terpisah sehingga menghasilkan wujud bentuk atau susunan yang diinginkan”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan konstruksi adalah keahlian dalam menyusun atau membangun suatu benda dari bahan alam, bahan limbah sehingga menjadi suatu bentuk utuh/menghasilkan karya tiga dimensi (tri matra) yang memiliki volume dan ruang, dalam tatanan seni rupa yang indah dan artistik yang bermanfaat bagi masyarakat.
Sumber:
Ari Subekti, S.Pd, dkk. 2006. Seni Budaya dan Keterampilan. Klaten: PT. Intan Pariwara
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Muharram, E. 1992. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta : Depdikbud
Sumanto. 2006. Pengembangn Kreatifitas Seni Rupa Anak SD. Jakarta: Depdiknas
Syaiful Muttaqin. 2008. Pembelajaran keterampilan. Online (http://saifulmmuttaqin.blogspot.com/2008/01/pembelajaran-ketrampilan.html diakses 24 april 2009)
0 komentar:
Posting Komentar