Senin, 17 Oktober 2016

Tujuan Metode VCT

Tujuan Metode VCT

Salah satu karakteristik VCT (Value Clarification Technique) sebagai suatu model dalam strategi  pembelajaran sikap adalah proses pemahaman nilai dilakukan melalui proses analisis nilai yang sudah ada sebelumnya dalam diri siswa, kemudian menyelaraskannya dengan nilai-nilai baru yang hendak ditanamkan sebagai suatu model dalam strategi pembelajaran moral.

 Menurut Wina  (2008:284) tujuan VCT adalah:
(1) untuk mengukur atau mengetahui tingkat kesadaran siswa tentang suatu nilai, (2) membina kesadaran siswa tentang nilai-nilai yang dimilikinya baik tingkatnya maupun sifatnya (positif dan negatifnya) untuk kemudian dibina kearah peningkatan dan pembetulannya, (3) untuk menanamkan nilai-nilai tertentu kepada siswa melalui cara yang rasional dan diterima siswa, sehingga pada akhirnya nilai tersebut akan menjadi milik siswa, (4) melatih siswa bagaimana cara menilai, menerima, serta mengambil keputusan terhadap sesuatu persoalan dalam hubungannya dengan kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Sumber:

Wina Sanjaya.2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Related Posts:

  • Tujuan Pembelajaran Kooperatif Menurut Nurasma (2006:12) pembelajaran koopertif  bertujuan untuk: 1) pencapaian hasil belajar, 2) penerimaan terhadap keragaman, 3) pengembangan keterampilan sosial. 1)   Pencapaian hasi belajarPembelaja… Read More
  • Prinsip-prinsip Pembelajaran Kooperatif Menurut Stahl (dalam Solihatin 2007: 7) prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif ada 8 yaitu: “1) perumusan hasil belajar  siswa harus jelas, 2) penerimaan yang menyeluruh oleh siswa tentang tujuan belajar, 3) keterg… Read More
  • Pengertian Pembelajaran Matematika Realistik Pendekatan Realistik yang lebih dikenal dengan Realistic Mathematics Education (RME) pertama kali dikenalkan di Belanda pada tahun 1970 oleh Institut Freudenthal. RME pada dasarnya adalah pemanfaatan realitas dan lingkun… Read More
  • Tipe-tipe Pembelajaran Kooperatif Menurut Mohamad (2005:5)  jenis-jenis kooperatif diantaranya adalah: 1) Student Team Ahievement Divisions (STAD, 2) Teams Games Tournament (TGT), 3) Team Accelerated Instruction (TAI), 4) Coperative Integrated Redin… Read More
  • Pengertian Pembelajaran Kooperatif Menurut Anita (2002:27) “Falsafah yang mendasari model pembelajaran gotong royong dalam pendidikan adalah falsafah homo homini socius”. Falsafah ini menekankan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kerja sama merupakan ke… Read More

0 komentar:

Posting Komentar