Senin, 17 Oktober 2016

Tujuan Metode VCT

Tujuan Metode VCT

Salah satu karakteristik VCT (Value Clarification Technique) sebagai suatu model dalam strategi  pembelajaran sikap adalah proses pemahaman nilai dilakukan melalui proses analisis nilai yang sudah ada sebelumnya dalam diri siswa, kemudian menyelaraskannya dengan nilai-nilai baru yang hendak ditanamkan sebagai suatu model dalam strategi pembelajaran moral.

 Menurut Wina  (2008:284) tujuan VCT adalah:
(1) untuk mengukur atau mengetahui tingkat kesadaran siswa tentang suatu nilai, (2) membina kesadaran siswa tentang nilai-nilai yang dimilikinya baik tingkatnya maupun sifatnya (positif dan negatifnya) untuk kemudian dibina kearah peningkatan dan pembetulannya, (3) untuk menanamkan nilai-nilai tertentu kepada siswa melalui cara yang rasional dan diterima siswa, sehingga pada akhirnya nilai tersebut akan menjadi milik siswa, (4) melatih siswa bagaimana cara menilai, menerima, serta mengambil keputusan terhadap sesuatu persoalan dalam hubungannya dengan kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Sumber:

Wina Sanjaya.2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Related Posts:

  • Membaca Pemahaman Kata pemahaman dalam kamus besar bahasa indonesia berawal dari kata paham yang memiliki arti: 1) pengertian, 2) pendapat pikiran, 3) mengerti benar akan sesuatu. Sedangkan menurut Haris (dalam Farida, 2005:85) kata memah… Read More
  • Tujuan dan Manfaat Membaca Tujuan utama dalam membaca menurut Tarigan (1994:9) adalah untuk mencari dan memperoleh informasi, mencakup isi dan memahami makna bacaan. Makna (meaning) erat sekali hubungannya dengan tujuan kita membaca. Membaca henda… Read More
  • Proses Pembelajaran Membaca Saleh (2006:111) membagi proses membaca menjadi tiga tahap yaitu 1) prabaca, 2) saatbaca, 3) pascabaca. Tahap prabaca dimasudkan untuk mempersiapkan mental pembaca pada situasi membaca yang akan dilaksanakan, kegiatan in… Read More
  • Pentingnya Website Sekolah Keberadaan website sekolah saat ini semakin dibutuhkan seiring dengan semakin maju nya teknologi internet yang begitu mudah di akses oleh semua kalangan masyarakat. Banyaknya manfaat website sekolah yang bisa diambil, ti… Read More
  • Jenis-jenis Membaca Menurut Saleh (2006:107) jenis-jenis membaca adalah: 1) membaca teknik/membaca bersuara/membaca lancar, 2) membaca dalam hati/membaca intensif/membaca memindai, 3) membaca bahasa, 4) membaca cepat, 5) membaca pustaka. 1… Read More

0 komentar:

Posting Komentar