Sabtu, 15 Oktober 2016

Penggunaan Metode VCT

Penggunaan Metode VCT

Pengajaran VCT merupakan pola pengajaran tidak monoton, guru tidak mendominasi seluruh waktu dan siswa, dan perataan aktivitas potensi diri serta keanekaragaman kemampuan siswa lebih dapat terlayani.

Kegunaan pengajaran VCT (Value Clarification Technique) menurut Djahiri (1997:131) adalah untuk:
(1) membantu kemudahan proses klasifikasi (kejelasan) nilai-moral yang harus dikaji dan diserap  peserta didik, sosok diri yang bersangkutan maupun kehidupan umum, (2) memudahkan dan meningkatkan keberhasilan proses Internalisasi dan personalisasi nilai-moral-norma yang disampaikan atau diharapkan, (3) memantapkan dan memperluas hasil belajar peserta didik, (4) meningkatkan kadar CBSA dan mengajar guna secara lebih manusiawi, penuh gairah dan menyenangkan, (5) meningkatkan kepaduan proses kegiatan belajar siswa kognitif dengan afektif dan psikomotorik, (6) meningkatkan kepaduan antara dunia persekolahan/ilmu pengetahuan dengan dunia kehidupan nyata.

Sumber:

Kosasih Djahiri, Azis Wahab. 1996. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakarta: Rineka Cipta

0 komentar:

Posting Komentar