Sabtu, 15 Oktober 2016

Penggunaan Metode VCT

Penggunaan Metode VCT

Pengajaran VCT merupakan pola pengajaran tidak monoton, guru tidak mendominasi seluruh waktu dan siswa, dan perataan aktivitas potensi diri serta keanekaragaman kemampuan siswa lebih dapat terlayani.

Kegunaan pengajaran VCT (Value Clarification Technique) menurut Djahiri (1997:131) adalah untuk:
(1) membantu kemudahan proses klasifikasi (kejelasan) nilai-moral yang harus dikaji dan diserap  peserta didik, sosok diri yang bersangkutan maupun kehidupan umum, (2) memudahkan dan meningkatkan keberhasilan proses Internalisasi dan personalisasi nilai-moral-norma yang disampaikan atau diharapkan, (3) memantapkan dan memperluas hasil belajar peserta didik, (4) meningkatkan kadar CBSA dan mengajar guna secara lebih manusiawi, penuh gairah dan menyenangkan, (5) meningkatkan kepaduan proses kegiatan belajar siswa kognitif dengan afektif dan psikomotorik, (6) meningkatkan kepaduan antara dunia persekolahan/ilmu pengetahuan dengan dunia kehidupan nyata.

Sumber:

Kosasih Djahiri, Azis Wahab. 1996. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakarta: Rineka Cipta

Related Posts:

  • Komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam konteks Indonesia, PKB adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk mencapai standar kompetensi profesi dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar ko… Read More
  • Manfaat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) bagi guru memiliki tujuan umum untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan tujuan khusus PKB adalah… Read More
  • Prinsip-prinsip Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Satu hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan PKB harus dapat mematuhi prinsip-prinsip sebagai berikut. PKB harus fokus kepada keberhasilan peserta didik atau berbasis hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, PKB h… Read More
  • Penggunaan Metode VCT Pengajaran VCT merupakan pola pengajaran tidak monoton, guru tidak mendominasi seluruh waktu dan siswa, dan perataan aktivitas potensi diri serta keanekaragaman kemampuan siswa lebih dapat terlayani. Kegunaan pengajaran… Read More
  • Pengertian Pengambangan Keprofesian Berkelanjutan PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. Dengan demikian semua siswa diharapkan dapa… Read More

0 komentar:

Posting Komentar