Jumat, 11 November 2016

Keunggulan Penggunaan Media Model

Keunggulan Penggunaan Media Model

Media model juga memiliki beberapa kelebihan terhadap penggunaannya dalam proses pembelajaran. Menurut Aristo (2003:25) bahwa “Penggunaan media model dalam proses pembelajaran dimaksud untuk mengatasi kendala tertentu untuk pengadaan realita”.

Sedangkan menurut Subana (2005:330) kelebihan media model yaitu:
(1) dapat dibuat dari bahan yang murah dan mudah didapat, (2) dapat dipakai berulang-ulang, (3) dapat melukiskan bentuk dan keadaan yang sebenarnya, (4) besarnya dapat ditentukan dari yang sebenarnya, (5) dapat digunakan untuk memdemonstrasikan cara kerja suatu alat, (6) dapat digunakan sebagai alat untuk bongkarpasang suatu alat, (7) dapat digunakan untuk memperlihatkan bagian dalam  sesuatu yang dalam keadaan, yang sebenarnya tidak bisa dilihat

Dari pendapat ahli di atas dapat disimpulkan bahwa media model memiliki beberapa keuntungan dalam penggunaan diantaranya adalah untuk mengatasi kendala tertentu untuk pengadaan realita, media model dapat menyerupai benda yang sebenarnya, karena  media model dapat dimodifikasi sesuai dengan ukuran yang diperlukan, dan dapat memperjelas apa-apa yang diperlukan dalam proses pembelajaran karena media model dapat dibongkar pasang dalam pemakainnya.

Sumber:

Aristo Rahadi. 2003. Model dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, Diren, PDM, Direktorat Tenaga Kependidikan

Subana, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Related Posts:

  • Implementasi Kooperatif Jigsaw dalam IPS Implementasi coopetarive learning model Jigsaw pada pembelajaran IPS dapat dilaksanakan pada materi yang berbentuk naratif tertulis, seperti pada kajian-kajian sosial, geografi, keterampilan membaca peta yang tujuan pemb… Read More
  • Tahapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Ada beberapa tahapan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran, secara umum penerapan strategi ini dimulai dengan adanya masalah yang harus dipecahkan atau dicari pemecahannya oleh siswa. Masal… Read More
  • Karakteristik Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Strategi pembelajaran berbasis masalah dapat diartikan sebagai aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah dan bertujuan untuk membantu siswa belajar secara mandir… Read More
  • Langkah-langkah Kooperatif Jigsaw Nur Asma (2006:72-77) mengemukakan beberapa langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran model Jigsaw, yaitu: (1)    Tahap Persiapan (Prakooperatif) Menentukan topik-topik/ materi pembelajaran Menem… Read More
  • Pengertian Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan  salah satu strategi pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah s… Read More

0 komentar:

Posting Komentar