Jumat, 11 November 2016

Keunggulan Penggunaan Media Model

Keunggulan Penggunaan Media Model

Media model juga memiliki beberapa kelebihan terhadap penggunaannya dalam proses pembelajaran. Menurut Aristo (2003:25) bahwa “Penggunaan media model dalam proses pembelajaran dimaksud untuk mengatasi kendala tertentu untuk pengadaan realita”.

Sedangkan menurut Subana (2005:330) kelebihan media model yaitu:
(1) dapat dibuat dari bahan yang murah dan mudah didapat, (2) dapat dipakai berulang-ulang, (3) dapat melukiskan bentuk dan keadaan yang sebenarnya, (4) besarnya dapat ditentukan dari yang sebenarnya, (5) dapat digunakan untuk memdemonstrasikan cara kerja suatu alat, (6) dapat digunakan sebagai alat untuk bongkarpasang suatu alat, (7) dapat digunakan untuk memperlihatkan bagian dalam  sesuatu yang dalam keadaan, yang sebenarnya tidak bisa dilihat

Dari pendapat ahli di atas dapat disimpulkan bahwa media model memiliki beberapa keuntungan dalam penggunaan diantaranya adalah untuk mengatasi kendala tertentu untuk pengadaan realita, media model dapat menyerupai benda yang sebenarnya, karena  media model dapat dimodifikasi sesuai dengan ukuran yang diperlukan, dan dapat memperjelas apa-apa yang diperlukan dalam proses pembelajaran karena media model dapat dibongkar pasang dalam pemakainnya.

Sumber:

Aristo Rahadi. 2003. Model dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, Diren, PDM, Direktorat Tenaga Kependidikan

Subana, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Related Posts:

  • Tujuan Pembelajaran Kooperatif Menurut Nurasma (2006:12) pembelajaran koopertif  bertujuan untuk: 1) pencapaian hasil belajar, 2) penerimaan terhadap keragaman, 3) pengembangan keterampilan sosial. 1)   Pencapaian hasi belajarPembelaja… Read More
  • Prinsip-prinsip Pembelajaran Kooperatif Menurut Stahl (dalam Solihatin 2007: 7) prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif ada 8 yaitu: “1) perumusan hasil belajar  siswa harus jelas, 2) penerimaan yang menyeluruh oleh siswa tentang tujuan belajar, 3) keterg… Read More
  • Membaca Pemahaman Kata pemahaman dalam kamus besar bahasa indonesia berawal dari kata paham yang memiliki arti: 1) pengertian, 2) pendapat pikiran, 3) mengerti benar akan sesuatu. Sedangkan menurut Haris (dalam Farida, 2005:85) kata memah… Read More
  • Pengertian Pembelajaran Kooperatif Menurut Anita (2002:27) “Falsafah yang mendasari model pembelajaran gotong royong dalam pendidikan adalah falsafah homo homini socius”. Falsafah ini menekankan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kerja sama merupakan ke… Read More
  • Proses Pembelajaran Membaca Saleh (2006:111) membagi proses membaca menjadi tiga tahap yaitu 1) prabaca, 2) saatbaca, 3) pascabaca. Tahap prabaca dimasudkan untuk mempersiapkan mental pembaca pada situasi membaca yang akan dilaksanakan, kegiatan in… Read More

0 komentar:

Posting Komentar