Selasa, 08 Desember 2015

Tipe-tipe Pembelajaran Kooperatif

Tipe-tipe Pembelajaran Kooperatif

Menurut Mohamad (2005:5)  jenis-jenis kooperatif diantaranya adalah: 1) Student Team Ahievement Divisions (STAD, 2) Teams Games Tournament (TGT), 3) Team Accelerated Instruction (TAI), 4) Coperative Integrated Reding and Composition (CIRC).

1)   Student Team Ahievement Divisions (STAD)
STAD merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Tipe ini menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan empat atau lima orang siswa yang merupakan campuran dari kemampuan akademik yang berbeda sehingga dalam setiap kelompok terdapat yang berprestasi  tinggi, sedang dan rendah atau variasi jenis kelamin, kelompok ras dan etnis atau kelompok sosial lainnya.

2)   Teams Games Tournament (TGT)
 Tipe TGT merupakan model pembelajaran yang didahului dengan penyajian materi pembelajaran oleh guru dan diakhiri dengan memberikan sejumlah pertanyaan kepada siswa. Kemudian siswa melakukan diskusi pada kelompok masing-masing.

3)   Team Accelerated Instruction (TAI)
Tipe TAI menggunakan kombinasi pembelajaran kooperatif dan pengajaran individual. Tipe pembelajaran kooperatif dengan Tipe TAI mengharapkan setiap siswa bekerja sesuai dengan unit-unit yang diprogramkan secara individu yang dipilih sesuai dengan level kemampuannya.

4)   Coperative Integrated Reding and Composition (CIRC)
Tipe CIRC adalah tipe pembelajaran kooperatif yang beranggotakan empat orang siswa yang terlibat dalam sebuah rangkaian kegiatan bersama, termasuk saling membacakan satu dengan yang lainnya, membuat prediksi tentang bagaimana cerita  naratif yang akan muncul, saling membuatkan iktisar satu dengan yang lainnya, menulis tanggapan terhadap cerita, berlatih pengejaan serta perbendaharaan kata.
Berdasarkan jenis-jenis dan teknik-teknik pembelajaran kooperatif learning tersebut, maka peneliti memilih pembalajaran kooperatif  tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Sumber:

Mohamad Nur. (Pen) 2005. Pembelajaran Kooperatif.  Surabaya: LPMP Jawa Timur.

Related Posts:

  • Karakteristik Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Strategi pembelajaran berbasis masalah dapat diartikan sebagai aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah dan bertujuan untuk membantu siswa belajar secara mandir… Read More
  • Keunggulan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu strategi memiliki keunggulan dan kelemahan yang harus diperhatikan oleh seorang guru sehingga pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Menurut Martinis da… Read More
  • Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran IPA Pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah  dalam pembelajaran IPA dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahamannya tentang apa yang dipelajari sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kondisi nyata pada ke… Read More
  • Tahapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Ada beberapa tahapan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran, secara umum penerapan strategi ini dimulai dengan adanya masalah yang harus dipecahkan atau dicari pemecahannya oleh siswa. Masal… Read More
  • Strategi KWL Strategi mengajar adalah tindakan nyata dari guru atau merupakan praktek guru melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu yang di nilai lebih efektif dan efisien (Sabri, 2007:2).dengan kata lain strategi merupakan daya… Read More

0 komentar:

Posting Komentar