Pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPA dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahamannya tentang apa yang dipelajari sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kondisi nyata pada kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan tersebut, pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPA dalam penelitian ini merujuk kepada pendapat Made (2009:94). Hal yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut:
a. Tahap persiapan
Agar pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dapat berjalan dengan efektif, perlu dilakukan persiapan sebelum pelaksanaannya. Persiapan yang perlu dilakukan sebelum pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Membuat rencana pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat langkah-langkah proses pembelajaran yang akan dilaksanakan,
- Membuat atau memperbanyak LKS yang berisi tentang pertanyaan seputar permasalahan yang akan dibicarakan,
- Menyediakan media yang akan dibutuhkan dalam pembelajaran,
- Mempersiapkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
b. Tahap pelaksanaan
Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi ini sangat dibutuhkan penjelasan dan arahan dari guru. Secara operasional, kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini adalah sebagai berikut:
1) Menemukan masalah
Pada tahap ini guru berusaha untuk memberikan permasalahan yang diangkat dari latar kehidupan yang bersifat tidak terdefinisi dengan jelas sementara siswa berusaha menemukan permasalahan dengan cara melakukan kajian dan analisis secara cermat terhadap permasalahan yang diberikan.
Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi ini sangat dibutuhkan penjelasan dan arahan dari guru. Secara operasional, kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini adalah sebagai berikut:
1) Menemukan masalah
Pada tahap ini guru berusaha untuk memberikan permasalahan yang diangkat dari latar kehidupan yang bersifat tidak terdefinisi dengan jelas sementara siswa berusaha menemukan permasalahan dengan cara melakukan kajian dan analisis secara cermat terhadap permasalahan yang diberikan.
2) Mendefinisikan masalah
Dalam tahap ini, siswa berusaha untuk mendefinisikan permasalah dengan menggunakan kemampuannya dalam memahami masalah. Sementara guru berusaha untuk mendorong dan membimbing siswa untuk menggunakan kecerdasan intrapersonal dan kemampuan awalnya untuk memahami masalah yang diajukan.
3) Mengumpulkan fakta
Pada tahap pengumpulan fakta ini kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a) Siswa dibawah bimbingan guru melakukan pengumpulan fakta dengan menggunakan pengalaman-pangalaman yang telah diperolehnya
b) Melakukan pencarian informasi dengan berbagai cara serta dengan menggunakan kecerdasan yang dimilikinya
c) Melakukan pengelolaan/pengaturan informasi yang telah diperoleh dengan berpatokan kepada informasi yang telah ada.
4) Menyusun hipotesis (dugaan sementara)
Pada tahap ini siswa berusaha untuk membuat hubungan antara berbagai fakta yang ada, menyusun hipotesis, serta berusaha untuk menyusun beberapa jawaban sementara. Sementara kegiatan guru adalah membimbing siswa untuk menyusun hipotesis terhadap permasalahan yang dihadapi serta membimbing siswa untuk menyusun alternatif jawaban sementara.
5) Melakukan penyelidikan
Dalam tahap ini, siswa melakukan penyelidikan terhadap data dan informasi yang telah diperolehnya. Penyelidikan dilakukan dengan mencari fakta-fakta dari media cetak, elektronik, buku-buku pelajaran dan pengalaman yang pernah dialami siswa. Jika diperlukan penyelidikan dapat dilakukan dengan melakukan percobaan (esperimen). Guru mengarahkan siswa dalam melakukan penyelidikan terhadap informasi dan data yang telah diperoleh.
6) Menyempurnakan permasalah yang telah dikemukakan
Pada tahap ini guru membimbing siswa untuk melakukan penyempurnaan terhadap masalah yang telah didefinisikan, sementara siswa melakukan penyempurnaan masalah yang telah dirumuskan.
7) Menyimpulkan alternatif pemecahan masalah secara kolaboratif
Pada tahap ini guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan alternatif pemecahan masalah secara kolaboratif. Siswa membuat simpulan alternatif pemecahan masalah berdasarkan penyelidikan.
8) Memilih solusi pemecahan masalah yang tepat
Dalam tahap ini jika memungkinkan guru membimbing siswa melakukan pengujian hasil untuk memilih solusi
pemecahan masalah yang tepat.
Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah
Dirujuk dari Made (2009:94, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Opersional)
c. Tahap Penilaian
Tahap penilaian dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Menurut Mulyasa (2007:258) menyatakan bahwa: “Penilaian bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang telah dilakukan”. Data yang didapat siswa dapat ditetapkan, kemudian melakukan evaluasi sehingga menghasilkan simpulan.
Lebih lanjut Dave (dalam Kunandar, 2007:385) menyatakan bahwa:
Penilaian dalam pembelajaran harus meliputi tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Ranah kgnitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi. Ranah afektif mencakup watak, perilaku, serta perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai. Ranah psikomotor mencakup imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi.
Berdasarkan dua pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pemberian penilaian dalam penilaian harus mencakup tiga ranah yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, sehingga keberhasilan pembelajaran dapat terlihat.
Sumber:
E. Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
0 komentar:
Posting Komentar