Implementasi coopetarive learning model Jigsaw pada pembelajaran IPS dapat dilaksanakan pada materi yang berbentuk naratif tertulis, seperti pada kajian-kajian sosial, geografi, keterampilan membaca peta yang tujuan pembelajarannya adalah pemerolehan konsep bukan keterampilan.
Dalam model pembelajaran ini, siswa bekerja dalam kelompok-kelompok yang sifatnya heterogen. Siswa diberi bab-bab atau unit-unit lain untuk dibaca, dan diberi “expert sheets” (lembar pakar) berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi topik-topik yang berbeda bagi masing-masing anggota kelompok untuk dijadikan fokus ketika membaca. Bila setiap anggota telah selesai membaca, siswa dari kelompok-kelompok yang berbeda dengan topik yang sama bertemu dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan topik mereka sekitar tiga puluh menit. Para ahli tersebut kembali ke kelompok mereka masing-masing dan bergiliran mengajar teman-teman dalam kelompok tentang topik mereka. Skor kuis berupa tes yang dilakukan di akhir pembelajaran menjadi skor kelompok, kelompok yang mendapat skor teringgi bisa menerima penghargaan.
Dengan demikian, siswa termotivasi untuk mengkaji materi tersebut dengan baik dan bekerja keras dalam kelompok-kelompok ahli sehingga mereka dapat membantu kelompok mereka bekerja dengan baik
0 komentar:
Posting Komentar