Senin, 14 Desember 2015

Implementasi Kooperatif Jigsaw dalam IPS

Implementasi Kooperatif Jigsaw dalam IPS

Implementasi coopetarive learning model Jigsaw pada pembelajaran IPS dapat dilaksanakan pada materi yang berbentuk naratif tertulis, seperti pada kajian-kajian sosial, geografi, keterampilan membaca peta yang tujuan pembelajarannya adalah pemerolehan konsep bukan keterampilan.

Dalam model pembelajaran ini, siswa bekerja dalam kelompok-kelompok yang sifatnya heterogen. Siswa diberi bab-bab atau unit-unit lain untuk dibaca, dan diberi “expert sheets” (lembar pakar) berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi topik-topik yang berbeda bagi masing-masing anggota kelompok untuk dijadikan fokus ketika membaca. Bila setiap anggota telah selesai membaca, siswa dari kelompok-kelompok yang berbeda  dengan topik yang sama bertemu dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan topik mereka sekitar tiga puluh menit. Para ahli tersebut kembali ke kelompok mereka masing-masing dan bergiliran mengajar teman-teman dalam kelompok tentang topik mereka. Skor kuis berupa tes yang dilakukan di akhir pembelajaran menjadi skor kelompok, kelompok yang mendapat skor teringgi bisa menerima penghargaan.
Dengan demikian, siswa termotivasi untuk mengkaji materi tersebut dengan baik dan bekerja keras dalam kelompok-kelompok ahli sehingga mereka dapat membantu kelompok mereka bekerja dengan baik

Related Posts:

  • Membaca Pemahaman Kata pemahaman dalam kamus besar bahasa indonesia berawal dari kata paham yang memiliki arti: 1) pengertian, 2) pendapat pikiran, 3) mengerti benar akan sesuatu. Sedangkan menurut Haris (dalam Farida, 2005:85) kata memah… Read More
  • Pengertian Pembelajaran Kooperatif Menurut Anita (2002:27) “Falsafah yang mendasari model pembelajaran gotong royong dalam pendidikan adalah falsafah homo homini socius”. Falsafah ini menekankan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kerja sama merupakan ke… Read More
  • Proses Pembelajaran Membaca Saleh (2006:111) membagi proses membaca menjadi tiga tahap yaitu 1) prabaca, 2) saatbaca, 3) pascabaca. Tahap prabaca dimasudkan untuk mempersiapkan mental pembaca pada situasi membaca yang akan dilaksanakan, kegiatan in… Read More
  • Jenis-jenis Membaca Menurut Saleh (2006:107) jenis-jenis membaca adalah: 1) membaca teknik/membaca bersuara/membaca lancar, 2) membaca dalam hati/membaca intensif/membaca memindai, 3) membaca bahasa, 4) membaca cepat, 5) membaca pustaka. 1… Read More
  • Tujuan Pembelajaran Kooperatif Menurut Nurasma (2006:12) pembelajaran koopertif  bertujuan untuk: 1) pencapaian hasil belajar, 2) penerimaan terhadap keragaman, 3) pengembangan keterampilan sosial. 1)   Pencapaian hasi belajarPembelaja… Read More

0 komentar:

Posting Komentar