Rabu, 11 November 2015

Prinsip Pendekatan Konstruktivisme



Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme akan mengaktifkan peserta didik secara aktif sehingga pembelajaran yang didapat oleh peserta didik lebih didasarkan pada proses pencapaian pengetahuan bukan pada hasilnya. 

Prinsip konstruktivisme telah banyak digunakan dalam pembelajaran. Menurut Mohammad (2004:4) prinsip utama dalam pembelajaran konstrutivisme adalah: 

1) penekanan pada hakikat sosial dari pembelajaran, yaitu peserta didik belajar melalui interaksi dengan guru atau teman, 2) zona perkembangan terdekat, yaitu belajar konsep yang baik adalah jika konsep itu berada dekat dengan peserta didik, 3) pemagangan kognitif, yaitu peserta didik memperoleh ilmu secara bertahap dalam berinteraksi dengan pakar, dan 4) mediated learning, yaitu diberikan tugas komplek, sulit, dan realita kemudian baru diberi bantuan. 

Pendapat di atas dapat dijelaskan bahwa pendekatan konstruktivisme lebih menekankan keaktifan dan peran serta peserta didik dalam pembelajaran, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator sebagaimana yang dituntut oleh kurikulum.

Sumber:

Mohammad Nur. 2004. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pengajaran. Jakarta: Universitas Negeri Surabaya

Related Posts:

  • Prinsip Pembelajaran Matematika Realistik Menurut Gravemeijer (1994:90-91) ada tiga prinsip utama dalam Pembelajaran Matematika Realistik yaitu:a.    Penemuan terbimbing dan matematisasi progresif (guided reinvention and progresive mathematizing).… Read More
  • Tahap Pembelajaran Matematika Realistik Sutarto (dalam Sugiman, 2000:168) mengemukakan tahap-tahap pembejaran Matematika dengan pendekatan matematika realistik terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap pendahuluan. Pada tahap ini pembelajaran dimulai dengan pemberia… Read More
  • Langkah-langkah Kooperatif Jigsaw Nur Asma (2006:72-77) mengemukakan beberapa langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran model Jigsaw, yaitu: (1)    Tahap Persiapan (Prakooperatif) Menentukan topik-topik/ materi pembelajaran Menem… Read More
  • Pengertian Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Model pembelajaran Jigsaw dikembangkan oleh Elliot Aronson dan para koleganya (1978) di Universitas Texas. Model pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan model pembelajaran dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang … Read More
  • Implementasi Kooperatif Jigsaw dalam IPS Implementasi coopetarive learning model Jigsaw pada pembelajaran IPS dapat dilaksanakan pada materi yang berbentuk naratif tertulis, seperti pada kajian-kajian sosial, geografi, keterampilan membaca peta yang tujuan pemb… Read More

0 komentar:

Posting Komentar