Jumat, 04 Desember 2015

Kelebihan Pendekatan Konstruktivisme


Dalam penerapannya, pendekatan konstruktivisme memiliki kelebihan. Ella (2004:55) menjelaskan bahwa pendekatan konstruktivisme membantu peserta didik dalam tiga hal, yaitu: “(1) Peserta didik diajak memahami dan menafsirkan kenyataan dan pengalaman yang berbeda; (2) Peserta didik lebih mampu mengatasi masalah dalam kehidupan nyata; (3) Pemahaman konstruktivisme, yaitu membangun dan mengetahui bagaimana menggunakan pengetahuan dan keahlian dalam situasi kehidupan nyata”.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme memiliki berbagai kelebihan antara lain: 
  1. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme peserta didik akan  aktif dalam pembelajaran.
  2. Menjadikan proses pembelajaran tersebut menyenangkan dan lebih bermakna bagi peserta didik.
  3. Peserta didik membangun sendiri pengetahuannya dan peserta didik tidak akan mudah lupa dengan pengetahuannya.
  4. Suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena    menggunakan realitas kehidupan sehingga peserta didik tidak cepat bosan dalam belajar.
  5. Peserta didik merasa dihargai dan semakin terbuka, karena setiap jawaban peserta didik ada penilaiannya.
  6. Memupuk kerjasama. Dengan adanya kelebihan pada pendekatan konstruktivisme ini, maka peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan berbagai cara. Jadi peserta didik akan terlatih untuk dapat menerapkannya dengan situasi yang berbeda atau baru.

Related Posts:

  • Tujuan dan Manfaat Membaca Tujuan utama dalam membaca menurut Tarigan (1994:9) adalah untuk mencari dan memperoleh informasi, mencakup isi dan memahami makna bacaan. Makna (meaning) erat sekali hubungannya dengan tujuan kita membaca. Membaca henda… Read More
  • Pentingnya Website Sekolah Keberadaan website sekolah saat ini semakin dibutuhkan seiring dengan semakin maju nya teknologi internet yang begitu mudah di akses oleh semua kalangan masyarakat. Banyaknya manfaat website sekolah yang bisa diambil, ti… Read More
  • Pengertian Membaca Membaca pada hakekatnya adalah “suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekedar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktifitas sosial, berfikir psikolinguistik dan metakognitif”, Farida, (2006:2). S… Read More
  • Pendekatan Saintifik Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulk… Read More
  • Guru SD Juga Memanfaatkan TIK Seorang guru harus selalu belajar untuk meningkatkan profesionalisme. Salah satu cara untuk meningkatkan profesionalisme seorang guru adalah dengan menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada kesempatan ini penu… Read More

0 komentar:

Posting Komentar