Dalam penerapannya, pendekatan konstruktivisme memiliki kelebihan. Ella (2004:55) menjelaskan bahwa pendekatan konstruktivisme membantu peserta didik dalam tiga hal, yaitu: “(1) Peserta didik diajak memahami dan menafsirkan kenyataan dan pengalaman yang berbeda; (2) Peserta didik lebih mampu mengatasi masalah dalam kehidupan nyata; (3) Pemahaman konstruktivisme, yaitu membangun dan mengetahui bagaimana menggunakan pengetahuan dan keahlian dalam situasi kehidupan nyata”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme memiliki berbagai kelebihan antara lain:
- Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme peserta didik akan aktif dalam pembelajaran.
- Menjadikan proses pembelajaran tersebut menyenangkan dan lebih bermakna bagi peserta didik.
- Peserta didik membangun sendiri pengetahuannya dan peserta didik tidak akan mudah lupa dengan pengetahuannya.
- Suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena menggunakan realitas kehidupan sehingga peserta didik tidak cepat bosan dalam belajar.
- Peserta didik merasa dihargai dan semakin terbuka, karena setiap jawaban peserta didik ada penilaiannya.
- Memupuk kerjasama. Dengan adanya kelebihan pada pendekatan konstruktivisme ini, maka peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan berbagai cara. Jadi peserta didik akan terlatih untuk dapat menerapkannya dengan situasi yang berbeda atau baru.
0 komentar:
Posting Komentar