Kamis, 31 Desember 2015

Berorganisasi

Materi Pokok        : Berorganisasi
Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/ Semester     : V/ II

Berorganisasi

A. Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan bentuk perkumpulan antara dua orang/lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. 

B. Tujuan Organisasi
Kamu tentu sudah tahu bahwa organisasi di dalam masyarakat banyak jenisnya. Di sekolah ada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Organisasi Pramuka, Organisasi Kesenian, Palang Merah Remaja(PMR), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dll. Demikian pula di masyarakat lingkungan sekitarmu, ada organisasi Desa, RT, Karang Taruna, PKK dan sebagainya.
Setiap organisasi mempunyai tujuan yang jelas sesuai dengan kepentingan dan kemauan bersama para anggotanya. Tujuan organisasi ditetapkan bersama oleh para anggota dengan cara musyawarah. Setiap organisasi yang diben¬tuk mempunyai tujuan yang berbeda sesuai keinginan dan kemauan anggotanya. Organisasi Pramuka berbeda tujuannya dengan organisasi siswa di bidang kesenian. Demikian pula, organi¬sasi koperasi siswa di sekolah berbeda tujuannya dibandingkan dengan organisasi Pramuka. 

C. Anggota Organisasi
Kamu pasti tahu bahwa setiap organisasi mem¬punyai anggota, karena organisasi dibentuk oleh anggota-anggotanya. Anggota organisasi terdiri dari orang-orang yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama. Seperti organisasi kelas beranggotakan para siswa yang berasal dari kelas yang sama. Organisasi Desa beranggotakan orang-orang yang rumahnya berdekatan atau bertetangga di dalam batas wilayah tertentu Setiap anggota dalam organisasi mempunyai hak dan kewajiban tertentu sesuai dengan peraturan yang ditentukan. Demikian pula, setiap anggota organisasi harus melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik. Supaya tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik, setiap anggota harus saling bekerja sama dan menyelesaikan masalah bersama dengan cara musyawarah. Kerja sama dan musyawarah merupakan kebiasaan yang baik yang harus dilakukan oleh semua anggota organisasi agar tujuan dan kepentingan bersama dalam organisasi dapat tercapai dengan baik. 

D. Unsur-unsur dan ciri-ciri dalam Organisasi
Banyak hal yang harus ada di dalam organisasi. Semua itu harus dipenuhi agar tujuan bisa tercapai. Unsur-unsur itu adalah sebagai berikut.
a. Pengurus organisasi, terdiri atas beberapa orang yang terpilih sebagai pengurus.
b. Kerja sama, yaitu sistem kerja yang dilakukan oleh setiap anggota sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama.
c. Tujuan yang ingin dicapai, yaitu cita-cita dari para pengurus dan anggota dari organisasi tersebut.
Adapun ciri-ciri dalam organisasi adalah sebagai berikut:
a. Dapat dikenal dan saling mengenal. Organisasi terdiri atas anggota yang sudah saling mengenal karena mereka sering bertemu dalam berbagai kegiatan. Pada umumnya, anggota dari suatu organisasi memiliki kartu anggota.
b. Adanya kegiatan yang berbeda-beda. Namun, satu sama lain saling berkaitan dan merupakan kesatuan kegiatan.
c. Setiap anggota organisasi memiliki tugas yang berbeda. Pengurus atau pun anggota memiliki bidang kerja yang telah ditentukan sebelumnya.
d. Setiap orang memberikan sumbangan berupa pemikiran dan tenaga agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya.
e. Adanya kewenangan, koordinasi, dan pengawasan. Sebuah organisasi dijalankan oleh para pengurus yang dipilih dari anggota organisasi tersebut. Mereka diberi kewenangan untuk mengatur dan menjalankan organisasi.
f. Adanya tujuan yang ingin dicapai. Pendirian sebuah organisasi harus dilandasi tujuan yang jelas, agar dapat dicapai dengan langkah-langkah yang lebih mudah. 

E. Struktur dan tugas pengurus organisasi
Secara umum, organisasi terdiri atas ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, dan seksi-seksi. Mereka disebut juga pengurus organisasi. Untuk mewujudkan tujuan organisasi, maka setiap pengurus akan mendapatkan tugas. Setiap pengurus memiliki tugas yang berbeda-beda. Berikut ini pembagian tugas setiap pengurus organisasi.
a. Ketua
Ketua adalah seorang pemimpin organisasi. Tugas ketua antara lain:
1) mengurus organisasi,
2) memimpin rapat organisasi,
3) menandatangani surat, dan
4) bertanggung jawab ke dalam dan keluar organisasi.
b. Sekretaris
Sekretaris adalah pengurus organisasi yang diserahi pekerjaan surat - menyurat. Tugas sekretaris antara lain:
1) membuat surat-surat yang diperlukan,
2) mencatat surat yang keluar dan surat yang masuk, dan
3) membuat agenda kegiatan.
c. Bendahara
Bendahara adalah pengurus keuangan dalam sebuah organisasi. Tugas bendahara antara lain:
1) mengurusi keuangan organisasi,
2) membuat laporan tertulis tentang keuangan organisasi, dan
3) mencatat pemasukan dan pengeluaran uang.
d. Seksi-seksi
Seksi-seksi merupakan bagian dari organisasi yang bertugas mengurus urusan tertentu. Ada beberapa macam seksi, misalnya seksi keamanan, seksi kebersihan, dan seksi hubungan masyarakat. 

F. Pemilihan Kepengurusan Organisasi
Pemilihan kepengurusan suatu organisasi ada dua macam, yaitu:
a. Penunjukan Langsung
Cara pemilihan kepengurusan ini berdasarkan suara bulat dari segenap yang hadir. Penunjukan langsung disebut juga dengan sistem aklamasi. Aklamasi diadakan untuk menunjuk ketua or¬ganisasi. Setelah mencapai suara bulat, barulah dilengkapi dengan pengurus lainnya. Pemilihan pengurus lainnya diserahkan kepada ketua terpilih.
b. Pemilihan
Proses pemilihan pengurus organisasi melalui beberapa tahapan. Pertama, pembentukan panitia pemilihan pengurus organisasi. Kedua, pendaftaran calon pengurus. Ketiga, para calon mengadakan kampanye yang bertujuan memperkenalkan program kerja seandainya terpilih. Namun, ada juga yang tanpa kampanye. Keempat, proses pemilihan secara langsung. Kelima, penghitungan suara. Setelah dihitung secara terbuka, lalu ditentukan pemenang sesuai urutan dari jumlah terbanyak. Seorang calon dikatakan sah terpilih jika perolehan suaranya 50% ditambah 1 dari sejumlah pemilih yang sah. Keenam, panitia mengumumkan hasil pemilihan sesuai ketentuan sebelumnya. 

G. Manfaat Berorganisasi
Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Salah satu wadah untuk berkomunikasi dengan orang lain adalah melalui organisasi. Mengikuti sebuah organisasi mempunyai beberapa manfaat, di antaranya sebagai berikut.
a. Melatih menjadi pemimpin
b. Kerja sama
c. Disiplin
d. Saling percaya

0 komentar:

Posting Komentar