Sub Materi : Menaksir Hasil Pengerjaan Hitung Dua Bilangan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V/ I
![]() |
Sumber:BSE Matematika Kelas V Dwi |
Menaksir Hasil Pengerjaan Hitung Dua Bilangan
1. Menaksir Hasil Penjumlahan dan Pengurangan Menaksir hasil penjumlahan atau pengurangan dua bilangan berarti memperkirakan hasil penjumlahan atau pengurangan dari kedua bilangan tersebut.
Caranya dengan membulatkan kedua bilangan kemudian hasil pembulatan tersebut dijumlahkan atau dikurangkan.
Perhatikan contoh berikut.
a. Tentukan taksiran ke puluhan terdekat dari 53 + 79
Langkah pertama, bulatkan setiap bilangan ke puluhan terdekat. Caranya sebagai berikut.
Perhatikan angka satuannya. Jika satuannya kurang dari 5 dibulatkan ke nol. Jika satuannya lebih atau sama dengan 5 dibulatkan ke 10.
Berarti 53 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 50.
Berarti 79 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 80.
Langkah kedua, jumlahkan hasil pembulatan dari kedua bilangan.
50 + 80 = 130
Jadi, taksiran ke puluhan terdekat dari 53 + 79 adalah 130.
Ditulis 53 + 79 ≈ 130.
b. Tentukan taksiran ke ratusan terdekat dari 599 – 222
Langkah pertama, bulatkan setiap bilangan ke ratusan terdekat.
Perhatikan angka puluhannya. Jika puluhannya kurang dari 50 dibulatkan ke nol. Jika puluhannya lebih dari 50 dibulatkan ke 100.
Langkah kedua, kurangkan hasil pembulatan dari kedua bilangan 600 – 200 = 400.
Jadi, taksiran ke ratusan terdekat dari 599 – 222 adalah 400.
Ditulis 599 – 222 ≈ 400.
2. Menaksir Hasil Kali dan Hasil Bagi
Cara menaksir hasil kali atau hasil bagi dua bilangan yaitu dengan membulatkan kedua bilangan kemudian hasil pembulatan dari kedua bilangan tersebut dikali atau dibagi.
Banyak kelompok yang ikut gerak jalan 18 tim. Setiap tim beranggotakan 21 anak. Berapa kira-kira jumlah anak yang ikut gerak jalan?
Mari selesaikan permasalahan di atas.
Permasalahan di depan dapat dicari dengan menaksir.
Cermati perhitungannya berikut ini.
Banyak tim = 18 ⎯⎯⎯⎯→ 20.
Banyaknya anggota setiap tim = 21 ⎯⎯⎯⎯→ 20.
Taksiran jumlah siswa = 20 × 20 = 400.
Jadi, jumlah anak yang ikut gerak jalan kira-kira ada 400.
Apabila hasil perkaliannya dibulatkan, diperoleh hasil berikut.
18 × 21 = 378 (hasil sebenarnya)
Pembulatan ke puluhan terdekat:
378 ⎯⎯⎯⎯→ 370 + 10 = 380
378 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 380.
Jadi, 18 × 21 ≈ 380.
Pembulatan ke ratusan terdekat:
378 ⎯⎯⎯⎯→ 300 + 100 = 400
378 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 400.
Jadi, 18 × 21 ≈ 400.
Apabila panitia menyediakan minuman sebanyak 576 botol untuk peserta gerak jalan, kira-kira berapa botol minuman yang didapatkan setiap tim?
Permasalahan di atas diselesaikan dengan menaksir.
Begini penyelesaiannya.
Banyak minuman yang didapatkan setiap tim:
576 : 18
576 ⎯⎯⎯⎯→ 500 + 100 = 600
18 ⎯⎯⎯⎯→ 10 + 10 = 20
Diperoleh 600 : 20 = 30.
Jadi, banyak minuman yang didapatkan setiap tim kirakira 30 botol.
Secara umum, cara menaksir hasil kali dan hasil bagi sebagai berikut.
1. Bulatkan bilangan-bilangan yang dioperasikan.
2. Kalikan atau bagilah bilangan-bilangan yang dibulatkan itu.
0 komentar:
Posting Komentar