Rabu, 28 September 2016

Gerakan Literasi Sekolah di Kelas V SDN 001/XI Kelurahan Pasar Sungai Penuh


Gerakan Literasi Sekolah bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kelas V SDN 001/XI Kelurahan Pasar Sungai Penuh telah mengaplikasikan Gerakan Literasi Sekolah. Murid-murid diwajibkan membaca buku setelah berdoa sebelum memulai proses pembelajaran. Selain itu, murid-murid diwajibkan selalu meminjam buku di perpustakaan sekolah agar tercipta budaya membaca. Mashindra Prisma Saputra, S.Pd berharap murid-murid kelas V memiliki budaya literasi. "Semenjak awal masuk sekolah sampai sekarang sudah ada anak murid kelas V yang telah membaca ratusan judul buku. Bukan hanya membaca, tapi anak juga ditanya apa isi buku yang telah dibaca murid." Ujar wali kelas V SDN 001/XI Kelurahan Pasar Sungai Penuh ini.







TUJUAN UMUM
Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah
yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

TUJUAN KHUSUS
  1. Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca

PRINSIP-PRINSIP GERAKAN LITERASI SEKOLAH
  1. Sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik berdasarkan karakteristiknya
  2. Dilaksanakan secara berimbang; menggunakan berbagai ragam teks dan memperhatikan kebutuhan peserta didik
  3. Berlangsung secara terintegrasi dan holistik di semua area kurikulum
  4. Kegiatan literasi dilakukan secara berkelanjutan
  5. Melibatkan kecakapan berkomunikasilisan
  6. Mempertimbangkan keberagaman

TAHAPAN PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH
  1. Penumbuhan minat baca melalui kegiatan 15 menit membaca (Permendikbud No. 23 Tahun 2015)
  2. Meningkatkan kemampuan literasi melalui kegiatan menanggapi buku pengayaan
  3. Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: menggunakan buku pengayaan dan strategi membaca di semua mata pelajaran




0 komentar:

Posting Komentar